Sunday, August 28, 2016

Arti Lambang Gerakan Pramuka

Arti Lambang Gerakan Pramuka


SK Kwarnas No. 06/Kn/1972

  • Lambang gerakan pramuka
Lambang gerakan pramuka adalah tanda pengenal tetap yang mengkiaskan keadaan, nilai dan kehormatan, norma yang dimiliki oleh setiap anggota pramuka.
Lambang gerakan pramuka di ciptakan oleh SOENARJO ATMODIPURO, lambang gerakan pramuka di gunakan sejak tanggal 14 Agustus 1961 yang sampai sekarang di peringati sebagai hari pramuka.
Bentuk lambang gerakan pramuka adalah gambar bayangan (selhuethe) tunas kelapa
  • Arti Lambang Gerakan Pramuka
  1. "Buah nyiur dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal, mengiaskan bahwa setiap anggota anggota pramuka merupakan inti dari kelangsungan hidup bangsa Indonesia"
  2. "Buah nyiur dapat bertahan lama dalam keadaan bagaimanapun juga, mengiaskan bahwa setiap anggota pramuka adalah seorang yang rohaniah  dan jasmaniah, sehat, ulet dan besar tekadnya dalam menghadapi segala tantangan dan dalam menempuh ujian, dan kesulitan untuk mengabdi kepada tanah air bangsa dan negara"
  3. "Buah nyiur dapat tumbuh dimana saja, membuktikan besarnya daya upaya dalam menyesuaikan dirinya dengan keadaan sekelilingnya mengiaskan bahwa setiap anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dalam masyarakat dimanapun ia berada dan dalam keadaan bagaimanapun juga."
  4. "Buah nyiur tumbuh menjulang lurus keatas dan merupakan salah satu pohon tertinggi di Indonesia, mengiaskan bahwa setiap anggota pramuka mempunyai cita-cita yang tinggi, keras, mulai, jujur dan tetap tegas tidak mudah diombang-ambing sesuatu."
  5. "Buah nyiur adalah pohon serba guna dari ujung hingga akar, mengiaskan bahwa setiap anggota pramuka  adalah manusia yang berguna dan membuktikan diri berguna pada tanah air bangsa dan negara Indonesia."
  6. "Buah nyiur tumbuh kuat dan erat di dalam tanah, mengiaskan tekad setiap anggota pramuka yang berpegang pada dasar-dasar dengan landasan yang baik, benar, kuat dan nyata. Kelak keyakinan dan tekat yang dipakai olehnya untuk memperkuat diri guna mencapai cita-cita."
  • Lambang gerakan pramuka digunakan antara lain pada panji, bendera, papan nama, kwartir dan satuan, tanda pengenal alat administrasi gerakan pramuka agar memiliki sifat seperti arti kiasan lambang tunas kelapa.

No comments:

Post a Comment