Sunday, September 4, 2016

TKU PRAMUKA PENEGAK

TKU PRAMUKA PENEGAK


Kita semua pasti udah tau kalau TKU (Tanda Kecakapan Umum) yang ada dalam PENEGAK hanya ada 2 :
  1. TKU BANTARA
  2. TKU LAKSANA
apa itu TKU BANTARA dan apa itu TKU LAKSANA? Untuk tau jawabanya kita lahat dulu gambara di bawah ini


Pada gambara di atas adalah gambar TKU BATARA dan TKU LAKSANA. Dari gambar di atas dapat kita dapat simpulkan apa itu TKU BANTARA dan apa itu TKU LAKSANA

  1. TKU BANTARA adalah Tanda Kecakapan Umum (TKU) yang di miliki oleh seorang pramuka penegak sebelum tingkat laksana.
  2. TKU LAKSANA adalah Tanda Kecakapan Umum (TKU) seorang pramuka penegak setelah tingkat laksana.
Sedangkan SEORANG BANTARA atau SEORANG LANSANA-nya  itu sendiri adalah:
  1. BANTARA : Kader, ajudan, pengawas pembangunan yang kuat, baik dan terampil serta bermoral pancasila, calon pemimpin bangsa dan negara yang masih belajar dan mengembangkan kemampuannya dalam memimpin.
  2. LAKSANA: Pemimpin muda yang sudah sanggup mengemban dan melaksanakan tugas pembangunan bangsa dan negara serta mempunyai tanggung jawab yang lebih besar.

Dek BANTARA/LAKSANA berbentuk trapesium dengan warna dasar hujau tau dengan panjang sisi bawah 5 cm, sisi atas 4 cm dan panjang sisi miring kanan/kiri 7,5 cm.


Gambar bintang melambangkan bahwa seorang bantara bertakwa kepada tuhan YME/bermoral  pancasila

Gambar tunas kelapa melambangkan bahwa Keselarasan dan kesatuan gerakan pramuka penegak putra dan putri yang sedang membina dirinya sebagai mahkluk pribadi, sosial dan mahkluk tuhan menuju cita-cita bangsa

Kita pasti sering membengar kalau menjadi BANTARA/LAKSANA itu mempunyai tanggungjawab yang berat, dan kita tidak pernah di beritahu alasannya oleh kakak-kakak kelas kita atau mungkin kakak kelas kita tidak tau atau lupa memberi tau alasannya.
Kenapa jadi Penegak Bantara/Laksana itu berat? Kita tau bahwa TKU BANTARA/LAKSANA di sematkan atau pakai di pundak tidak seperti pada Pramuka Siaga atau Pramuka Penggalang.
TKU BANTARA/TKU BANTARA di sematkan/dipakai di pundak melambangkan bahwa Tanggung jawab yang tidak ringan yang harus di pikul seorang anggota gerakan pramuka dan kader pembangunan bangsa dan negara


No comments:

Post a Comment